Jumat, 03 Februari 2012

contoh membuat laporan prakerin smk

apakah kamu baru melaksanakan prakerin? kalau ya, pasti sebentar lagi kamu akan di suruh oleh guru membuat laporan. untuk persyaratan sidang nanti? jangan takut, membuat sebuah laporan itu sebenrnya mudah asalkan kita itu mau untuk meluangkan waktu untuk menulis. dan sekarang mari kita lihat contoh lporan yang saya buat berdasarkan format yang telah di berikan oleh bpk/ibu guru sekolah saya. mari kita lihat di bawah ini :


Laporan ini disetujui oleh           :
Pembimbing sekolah                 : M Idham





                                                            Tanggal Diterima           : 08 agustus 2011
                                                            Tanggal Disetujui          : 15 oktober 2011





Pembimbng,





          M Idham







Mengetahui :
Kepala SMK AL-MUSYAWIRIN Weru
Kabupaten cirebon,




Drs.H.S. MADKOSIM,MBA
NIP. 19590721 198603 1 006










Laporan ini di setujui oleh          :
Instrutrur DU / DI                     : Siti roehana




                                                                        Tanggal di terima          : 08 agustus 2011
Tanggal di setujui          : 15 oktober 2011





Instrutrur,





Siti roehana







Mengetahui :
.................................
..................................






..................................









A.   IDENTITAS SISWA



1.    Nama Siswa                      : Jamaludin arief

2.    Tempat/ Tanggal Lahir       : cirebon, 03, january, 

3.    Jenis Kelamin                    : laki-laki

4.    Golongan Darah                : -

5.    Nomor Induk Siswa          : 0000001

6.    Sekolah                             : SMK AL-MUSYAWIRIN WERU

7.    Alamat                              : JL. PENGAYOMAN NO. 33 WERU
   KABUPATEN CIREBON 45154

8.    Nomor Telepon                 : (0231) 320819

9.    Catatan Kesehatan            : -

10.  Nama Orang Tua/wali        : 

11.  Alamat Orang Tua/Wali     : 
                                                  
                                                   

12.    Nomer Telepon Orang Tua/
           
Wali                                  : 083303303303









 


Cirebon, 08 agustus 2011

             Siswa,                                 



             Jamaludin arief



B.    IDENTITAS DUNIA USAHA / INDUSTRI



1.    Nama Dunia Usaha / Industri            : Arabian Motor


2.    Jenis Usaha                                      : Bengkel Motor


3.    Alamat                                             : JL. Raya Kelayan no.06


4.    No. Telepon / Telex                        : ( 0231 ) 9140530


5.    Nama Pemimpin                                : Ibu. Siti Roehana


6.    Nama Pembimbing DU/DI                : Bpk. imam


7.    Nama Pembingbing Sekolah             : Bpk. M. Idham


8.    Bagian / Divisi / Lokasi                     :  -



KATA PENGANTAR


            Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah S.W.T, atas rahmat dan karunia-Nya serta kemudahan yang di berikan, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan Pratktik Kerja Industri ( PRAKERIN ) dengan baik. Dan laoran ini sebagai bukti untuk memenuhi bahwa penulis telah melaksanakan Praktek Kerja Industri  (PRAKERIN).

Penyusunan laporan Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN ) ini adalah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah ( UAS ) dan Ujian Akhir Nasional ( UAN ). Laporan ini adalah hasil pengalaman saya perakerin selama kurang lebih tiga bulan di bengkel Arabian Motor, dan laporan ini berisi tentang kegiatan saya di bengkel selama kurang lebih tiga bulan tersebut. Selain itu, laporan ini saya buat  untuk bisa mengetahui bapak / ibu guru tentang apa saja yang saya lakukan di bengkel Arabian Motor selama prakerin. Laporan ini disusun dengan format yang telah di berikan oleh bapak / guru Dengan menggunakan bahasa indonesia.

ucapan terimakasih saya sampaikan kepada :

1.                  ibu siti roehana selaku pemimpin bengkel arabian motor yang telah memberikan tempat dan waktu kepada saya untuk melakukan PRAKERIN.
2.                  Bpk imam selaku pembimbing DU/DI  yang telah memberikan bimbingan dan pelaksanaan tekhnis di lapangan selama saya prakerin di bengkel arabian motor.
3.                  M. Idham      selaku pembimbing sekolah yang telah memberikan arahan dan masukan selama saya melakukan prakerin.
4.                  dan semua pihak yang tidak dapat saya sampaikan satu persatu.

Akhir dari kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu dalam upaya penyelesaian laporan ini. Semoga laporan ini saya harap bisa diterima oleh bapak / ibu guru yang bersangkutan. Dan mohon di maafkan / memaklumi bila ada kesalahan.




DAFTAR ISI


BAB l – PENDAHULUAN ..............................................................................

1.1              Pengertian Praktik Kerja .......................................................................

1.2              Tujuan Praktik Kerja .............................................................................

1.3              Manfaat Praktik Kerja ...........................................................................



BAB ll – URAIAN PRAKTIK KERJA ............................................................

2.1              Agenda Harian .......................................................................................

2.2              Laporan Berkala ....................................................................................


BAB lll – PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA .............................................

      3.1.            Teori ...........................................................................................

3.2.            Penjelasan Pelaksanaan Praktik Kerja di ...............................................


BAB lV PENUTUP ...........................................................................................

DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................

LAMPIRAN ............................................................................


BAB 1

PENDAHULUAN

1.1              Pengertian praktik kerja

Praktik kerja industri adalah salah satu bentuk elementasi secara sistematis dan singkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang di peroleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai itngkat keahlian tertentu.

Disamping dunia usaha, Praktek Kerja industri ( PRAKERIN ) Dapat memberikan keuntungan pada pelaksanaan itu sendiri yaitu sekolah, karena keahlian yang tidak diajarkan di sekolahan bisa didapat didunia usaha, sehingga dengan adanya Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN )  dapat meningkatkan mutu dan relevensi Pendidikan Menengah atas yang dapat diarahkan untuk mengembangkan suatu system yang mantap antara dunia pendidikan dan dunia usaha.


1.2              Tujuan Praktik Kerja

Tujuan diadakan pelaksanakan Praktek Kerja industri ( PRAKERIN ) antaralain :

ü      untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha
ü      Menumbuhkan dan meningkatkan sikap profosional yang di perlukan siswa untuk memasuki dunia usaha.
ü      Meningkatkan daya kreasi dan produktifitas terhadap siswa sebagai persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia usaha yag sesungguhnya.
ü      Meluaskan wawasan dan pandangan siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan pada tempat dimana siswa melaksanakan Praktek Kerja industri ( PRAKERIN )

1.3              Manfaat Prakerin

Adapun manfaat dai praktek kerja ndustri ( PRAKERIN ), Manfaatnya adalah sebagai berikut :

ü      dapat mengenali suatu pekerjaan industri di lapangan sehingga setelah selesai dari sekolah menengah kejuruan ( SMK ) AL-MUSYAWIRIN dan terjun ke lapangan kerja industri dapat memandang suatu pekerjaan yang tidak asing lagi baginya.
ü      Dapat menambah keterampilan dan wawasan dalam dunia usaha yang professional dan handal.
ü      Untuk mengasah keterampilan yang telah di berikan  disekolah dan juga sesuai visi dan misi sekolah menengah kejuruan ( SMK ).

 JAM KERJA


H A R I
JAM MASUK
JAM ISTIRAHAT
JAM PULANG
Shift 1
Shift 1
Shift 1
Shift 1
Shift 1
Shift 1
Minggu
-
-
-
-
-
-
Senin
08 : 00
-
12 : 30
-
17 : 00
-
Selasa
08 : 00
-
12 : 30
-
17 : 00
-
Rabu
08 : 00
-
12 : 30
-
17 : 00
-
Kamis
08 : 00
-
12 : 30
-
17 : 00
-
Jum’at
08 : 00
-
11 : 00
-
17 : 00
-
Sabtu
08 : 00
-
12 : 30
-
17 : 00
-

BAB II

URAIAN PRAKTIK KERJA DI ARABIAN MOTOR

isilah kolom di bawah ini berdasarkan kegiatan kamu yang di lakukan sehari-hari di lapangan prakerin
( bengkel ).

2.1  AGENDA HARIAN

NAMA SISWA                             : Jamaludin Arief
N I S                                              : 000000000001
KOMPETENSI KEAHLIAN        : Teknik Sepeda Motor
TEMPAT PRAKTIK KERJA        : Arabian Motor

NO
Hari dan tanggal
Uraian singkat mengenai
pengalaman atau pekerjaan yang
              dilakukan                                
pembimbing
Nama
parraf
01.


02.







03.



04.



05.




06.



07.



08.



09.
Senin, 08, 08, 2011


Selasa, 09,08, 2011







Rabu, 10,08, 2011



Kamis, 11, 08, 2011



Jum’at, 12, 08, 2011




Sabtu, 13, 08, 2011



Senin, 15, 08, 2011



Selasa, 16, 08, 2011



Rabu, 17, 08, 2011
perkenalan
ganti olie 2

Ganti olie mesin 3
Ganti oli gardan
Memasang kabel kopling
Membantu mengambilkan kunci-kunci.
Membongkar roda belakang
Memasang handle rem cakram

 Ganti olie 2
Memasang hendrik
Memasang seal step belakang

Ganti olie 2
Mengencangkan rantai
Memasang kampas rem depan

Ganti olie
Menyetrum baterai (accu)
Memasang baterai (accu)
Memasang seal kick starter

Ganti olie 4
Memasang bohlam depan
Membersihkan karburator

Ganti olie 6
Melepas & memasang sayap
Melepas karburator

Ganti olie, 4
memasang bering roda depan
membersihkan filter

L I B U R, memperingati hari kemerdekaan RI
Imam


Imam







Imam



Imam



Imam




Imam



Imam



Imam



Imam

NO
Hari dan tanggal
Uraian singkat mengenai
pengalaman atau pekerjaan yang
dilakukan
pembimbing
Nama
parraf
10.



11.




12.





13.







14.




15.





16.




17.

18.

19.

20.

21.

22.

23.

24.

Kamis, 18, 08 2011



Jum’at, 19, 08, 2011




Sabtu, 20, 08, 2011





Senin, 22, 08, 2011







Selasa, 23, 08, 2011




Rabu, 24, 08, 2011





Kamis, 25, 08, 2011




Jum’at, 26, 08, 2011

Sabtu, 27, 08, 2011

Senin, 29, 08, 2011

Selasa, 30, 08, 2011

Rabu, 31, 08, 2011

Kamis, 01, 09, 2011

Jum’at, 02, 09, 2011

Sabtu, 03, 09, 2011
Ganti olie 2
membersihkan karburator
Memasang kampas rem belakang

Ganti olie 2
Memasang gear & rantai
Membersihkan filter (saringan -udara)

Ganti olie 3
Memasang & melepas roda belakang
memasang spion
Membersihkan karburator

Ganti olie 5
Mengencangkan rantai
Membersihkan filter (saringan udara)
Membersihkan karburator
Mengganti kampas rem cakram depan

Memasang kabel speedometer
Memasang kampas rem belakang
Memasang gear & rantai.
Ganti olie 6

Ganti olie 3
Memasang dan melepas roda belakang
Mengencangkan rantai
Membersihkan karburator

Ganti olie 4
Memasang lampu depan
Memasang kampas rem tromol depan

I Z I N

I Z I N

L I B U R

L I B U R

L I B U R.

L I B U R

L I B U R

L I B U R

Imam



Imam




Imam





Imam







Imam




Imam





Imam



Imam

Imam

Imam

Imam

Imam

Imam

Imam

Imam



NO
Hari dan tanggal
Uraian singkat mengenai
pengalaman atau pekerjaan yang
dilakukan
pembimbing
Nama
parraf
25.

26.




27.




28.




29.




30.





31.




32.




33.






34



Senin, 05, 09, 2011

Selasa, 06, 09, 2011



 Rabu, 07, 09, 2011




Kamis, 08, 09, 2011



 Jum’at, 09, 09, 2011



 Sabtu, 10, 09, 2011




Senin, 12, 09, 2011




Selasa, 13, 09, 2011



 Rabu, 14, 09, 2011






Kamis, 15, 09, 2011


T I D A K    B E R A N G K A T.

Ganti oli 2
Tune up ringan
Memasang accu
Memasang gear & rantai

Ganti oli 5
Memasang kampas rem depan
Service lampu
Memasang kiprok

Ganti olie 2
Membersihkan karburator
Memasang baterai / accu
Memasang gear & rantai

Ganti olie 3
Memasang kampas rem depan
Mengganti lampu depan
Memasang kiprok

Ganti olie 7
Memasang kabel kopling
Membersihkan karburator & filter
Membuka kepala silinder & blok mesin.

Ganti olie 7
Memeriksa busi, Memasang fuse
Mengencangkan stang
Memasang ban luar roda belakang

Ganti oli 4
Memasang rem cakram depan
Memasang spion
Memasang sokbreker belakang

Ganti oli 3
Membersihkan karburator
Memasang spion
Memasang master
Melepas knalpot
Membuka blok tansmisi

Ganti oli 5
Membersihkankarburator
Membersihkan filter ( saringan udara )
Memasang ban dalam roda belakang
Memasang PER rem

Imam

Imam




Imam




Imam




Imam




Imam





Imam




Imam




Imam






Imam

NO
Hari dan tanggal
Uraian singkat mengenai
pengalaman atau pekerjaan yang
dilakukan
pembimbing
Nama
parraf
35.





36.







37.








38.






39.






40.










41.
Jum’at, 16, 09, 2011




 Sabtu, 17, 09, 2011






 Senin, 19, 09, 2011







 Selasa, 20, 09, 2011





Rabu, 21, 09, 2011






Kamis, 22, 09, 2011









Jum’at, 23, 09, 2011

Ganti olie
Memasang kabel speedometer
Menambahkan air aki
Memasang kampas rem belakang
Memasang bering roda depan

Ganti olie 3
Membersihkan karburator
Memasang kampas rem belakang
Memasang bohlam depan
Memasang saklar klakson
Memasang plat no.
Memeriksa aki ( baterai )

Ganti olie  4
Melepas dan memasang sayap
Memasang seal boat
Membersihkan karburator
Memasang mika lampu besar & mika lampu sein.
Memasang ban luar roda depan
Memasang hendrik

Ganti olie 2
Memasang batok depan & belakang
Memasang kampas rem belakang
Memasang karet step depan & belakang

Ganti olie 5
Memasang kampas rem belakang
Memasang swit
Memasang ban luar & dalam roda belakang.
Memasang kabel cuk.

Ganti olie 2
Membersihkan karburator
Membersihkan filter
Mengencangkan rantai
Memeriksa rem & busi
Memasang kampas rem depan
Memasang paking spul & blok kopling
Memasang kom stang
Melepas kepala silinder

Ganti olie  2
Memasang busi
Memasang kepala silinder
Memasang hendrik
Memasang sokbreker belakang
Imam





Imam







Imam








Imam






Imam






Imam










Imam


NO
Hari dan tanggal
Uraian singkat mengenai
pengalaman atau pekerjaan yang
dilakukan
pembimbing
Nama
parraf




42.






43.





44.

45.






46.






47.







48.




49.

50.





Sabtu, 24, 09, 2011






Senin, 26, 09, 2011





Selasa, 27, 09, 2011
 Rabu, 28, 09, 2011






Kamis, 29, 09, 2011





Jum’at, 30, 09, 2011






Sabtu, 01, 10, 2011




Senin, 03, 10, 2011

Selasa, 04, 10, 2011

Memasang kampas rem cakram depan
Memasang standar tengah

Ganti olie 2
Memasang ban dalam roda depan
Memasang master & Memompa ban
Memasang kabel kopling
Membersihkan karburator

Ganti olie 5
Tune up ringan
Memasang karet garpu belakang
Memasang karet stang
Memasang kabel kopling

T I D A K   B E R A N G K A T

Ganti olie 3
Memasang pear standar samping
Memasang saklar sein
Memasang spakbor depan
Memasang seal sokbeker depan
Memasang paking knalpot

Ganti olie 3
Memasag kabel speedometer
Membersihkan karburator
Mengencangkan rantai
Membersihkan filter
Memasang seal sokbreker depan

Ganti olie 2
Membersihkan karburator
Mengencangkan rantai
Membersihkan filter
Menyetel rem
Memeriksa baterai
Memasang baterai

Ganti olie 6
Memasang bering roda depan
Memasang stang
Memasang sokbreker belakang

S A K I T

Ganti oli 5
Memasang paking knalpot
Memasang kampas rem depan
Memasang ban dalam roda belakang




Imam






Imam





Imam

Imam






Imam






Imam







Imam




Imam

Imam


NO
Hari dan tanggal
Uraian singkat mengenai
pengalaman atau pekerjaan yang
dilakukan
pembimbing
Nama
parraf
51.





52





53.




54.

55.

56.





57.







58.







59.





60.
Rabu, 05, 10, 2011





Kamis, 06, 10, 2011




Jum’at, 07, 2011




Sabtu, 08, 10, 2011

Senin, 10, 10, 2011

Selasa, 11, 10, 2011




Rabu, 12, 10,2011







Kamis, 13, 11, 2011






Jum’at, 14, 11, 2011




 Sabtu, 15, 10, 2011
Ganti olie 4
Memasang kampas rem depan
Memasang ban luar dan dalam roda belakang
Memasang motor starter

Ganti oli 4
Membersihkan karburator,
Membersihkan filter
Memasang kampas rem depan
Memasang gear & rantai

Ganti oli 2
Tune up ringan
Memasang  karet step depan
Memasang mika lampu belakang

S A K I T

S A K I T

Ganti oli 5
Memasang ban dalam roda depan
Memasang ban luar roda belakang
Memasang pelor magnet
Memasang kampas rem belakang

Ganti oli 2
Membersihkan karburator
Membersihkan filter
Mengencangkan rantai
Memasang hendrik
Memeriksa baterai


Ganti oli 3
Memasang sokbreker belakang
Memasang handle rem
Menambahkan minyak rem
Memasang plat no
Membersihkan karburator & filter


Ganti oli 2
Memasang master
Memasang seal boot
Memasang batok depan
Memasang lampu depan

Ganti oli  8
Memasang seal kick starter
Memasang per standar samping
Memasang kabel kopling
Memasang handle rem
Memasang kabel speedometer
Tune up ringan

Imam





Imam





Imam




Imam

Imam

Imam





Imam







Imam







Imam





Imam




2.2.      Laporan berkala
laporan berkala adalah kegiatan setiap 1 minggu/minggu....!
   
no
Mulai hari/tgl
S.D.hari/tgl
Divisi/tempat
    kegiatan
  Jenis pekerjaan
Waktu
(jam)
Paraf
siswa
Instruktur DU/DI
1.























2.
















3.

Senin, 08/08/2011     S.d sabtu 13/08/2011.




















Senin,   15/08/2011      S.D sabtu,   20/08/2011













Senin,         22/08/2011 s.d sabtu, 27/08/2011
Arabian motor























Arabian Motor
















Arabian Motor
perkenalan
ganti olie
ganti oli gardan
memasang kabel kopling
memasang roda belakang
memasang handle rem cakram
memasang hendrik
memasang seal step belakang
mengencangkan rantai
memasang kampas rem depan
menyetrum baterai
memasang baterai
memasang seal kick starter
memasang lampu depan
membersihkan karburator
jumlah

ganti oli
memasang & melepas sayap.
melepas karburator
memasang bearing roda depan
memasang hendrik
membersihkan karburator
memasang kampas rem belakang
memasang gear & rantai
membersihkan filter
memasang & melepas roda belakang,
jumlah

Ganti oli
Mengencangkan rantai
Membersihkan filter
Membersihkan karburator
Mengganti kampas rem cakram depan
Memasang kabel speedometer
10 mnt
210 mnt
15 mnt
25 mnt

20 mnt

15 mnt

15 mnt
10 mnt

15 mnt
30 mnt

1 jam
10 mnt
15 mnt

20 mnt
20 mnt

490 mnt

255 mnt
15 mnt

15 mnt
30 mnt

15 mnt
40 mnt

25 mnt

25 mnt
10 mnt
20 mnt

450 mnt

270 mnt
20 mnt
10 mnt
40 mnt

25 mnt

20 mnt





no
Mulai hari/tgl
S.D.hari/tgl
Divisi/tempat
    kegiatan
  Jenis pekerjaan
Waktu
(jam)
Paraf
siswa
Instruktur DU/DI











4.







5.






















6.











Senin,  29/08/2011   S.D  sabtu, 03/09/2011




Selasa, 06/09/2011 s.d sabtu, 10/09/2011



















Senin, 12/09/2011   S.D Sabtu, 17/09/2011

Arabian motor










Arabian Motor







Arabian Motor






















Arabian motor
Memasang kampas rem belakang
Memasang gear & rantai
Memasang & melepas roda belakang
Memasang lampu besar
Memasang kampas rem tromol depan
jumlah


L I B U R

L I B U R

L I B U R

L I B U R

Ganti oli
Membersihkan karburaor
Memasang baterai
Memasang gear & rantai
Memasang kampas rem depan
Mengganti lampu besar
Memasang kiprok
Memasang kabel kopling
Membersihkan filter
Membuka kepala silinder&blok mesin
Memasang bering roda belakang
Memasang kampas rem belakang
Memasang masteR
Jumlah

Ganti oli
Memeriksa busi
Memasang sikring (fuse) baterai
Mengencangkan kom stang
Memasang spion
20 mnt

25 mnt

15 mnt

15 mnt
15 mnt

475 mnt










285 mnt
20 mnt

20 mnt
50 mnt

40 mnt

15 mnt
20 mnt
25 mnt

10 mnt
30 mnt

25 mnt

20 mnt

25 mnt
585 mnt

345 mnt
10 mnt
2 mnt

15 mnt

20 mnt



no
Mulai hari/tgl
S.D.hari/tgl
Divisi/tempat
    kegiatan
  Jenis pekerjaan
Waktu
(jam)
Paraf
siswa
Instruktur DU/DI





























7.

































Senin, 19/09/2011   S.D Sabtu, 24/09/2011


Arabian motor




























Arabian motor





Memasang ban luar roda belakang
Memasang rem cakram depan
Memasang sokbreker belakang
Membersihkan karburator
Memasang master
Mengganti knalpot
Membersihkan filter
Memasang ban dalam roda belakang
Memasang PER rem
Memasang kabel speedometer
Menambahkan air suling pada baterai
Memasang kampas rem belakang
Memasang bering roda depan
Memasang lampu besar
Memasang saklar klakson
Memasang palt no
Memeriksa aki
jumlah

Ganti oli
Melepas & memasang sayap
Memasang seal boat
Membersihkan karburator
Memasang mika lampu besar & lampu sein
Memasang ban luar roda depan
Memasang hendrik
Memasang batok depan & belakang
Memasang kampas rem belakang
Memasang swit
Memasang karet step depan & belakang
30 mnt

30 mnt

20 mnt

40 mnt

25 mnt
30 mnt
10 mnt
25 mnt

15 mnt
20 mnt

10 mnt

50 mnt

20 mnt

15 mnt
10 mnt

10 mnt
10 mnt
762 mnt

225 mnt
15 mnt

30 mnt
1 jam

15 mnt

40 mnt

10 mnt
25 mnt

50 mnt

20 mnt
15 mnt





no
Mulai hari/tgl
S.D.hari/tgl
Divisi/tempat
    kegiatan
  Jenis pekerjaan
Waktu
(jam)
Paraf
siswa
Instruktur DU/DI




























8.




























Senin, 26/09/2011   S.D Sabtu, 01/10/2011

Arabian motor



























Arabian Motor
                       
Memasang ban luar & dalam roda belakang
Memasang kabel cuk
Membersihkan filter
Mengencangkan rantai
Memeriksa rem & busi
Memasang kampas rem depan
Memasang kom stang
Melepas kepala silinder
Memasang busi
Memasang kepala silinder
Memasang sokbreker belakang
Memasang standar tengah
Memasang kanvas rem cakram depan
Memasang ban dalam roda depan
Memompa ban
Memasang master
Memasang kabel kopling
Memasang fuse
Jumlah

Ganti oli
Membersihkan karburator
Memasang karet garpu belakang
Memasang karet stang
Memasang kabel kopling
Memasang sokbreker belakang
Menambahkan minyak rem
Memasang baterai memasang kabel speedometer
Memasang PER standar samping
Memasang saklar sein
Memasang spakbord depan
Memasang seal sokbreker depan
Memasang paking knalpot
40 mnt

20 mnt
10 mnt
10 mnt
15 mnt
20 mnt

30 mnt
20 mnt
10 mnt
25 mnt

20 mnt

20 mnt

25 mnt

25 mnt

1 mnt
25 mnt
20 mnt

2 mnt
798 mnt

285 mt
40 mnt

20 mnt

25 mnt
20 mnt

20 mnt

10 mnt

5 mnt
20 mnt

10 mnt

10 mnt
25 mnt

40 mnt

15 mnt




no
Mulai hari/tgl
S.D.hari/tgl
Divisi/tempat
    kegiatan
  Jenis pekerjaan
Waktu
(jam)
Paraf
siswa
Instruktur DU/DI









9.






















10.









Senin, 03/10/2011   S.D sabtu 08/10/2011



















Selasa, 11/10/2011   S.D Sabtu, 15/10/2011

Arabian Motor








Arabian Motor






















Arabian motor

Mengencangkan rantai
Membersihkan filter
Menyetel rem
Memeriksa baterai
Memasang bering roda depan
Memasang stang
jumlah

Ganti oli
Memasang paking knalpot
Memasang kampas rem depan
Memasang ban dalam roda belakang
Memasang ban luar belakang
Memasang Motor starter
Membersihkan karburator
Membersihkan filter
Memasang gear & rantai
Tune up ringan
Memasang karet step depan
Memasang mika lampu belakang.
Jumlah

Ganti oli
Memasang ban dalam roda depan
Memasang ban luar roda belakang
Memasang pelor magnet
Memasang kampas rem belakang
Membersihkan karburator
Membersihkan filter
Mengencangkan rantai
Memasang hendrik
Memeriksa baterai
Memasang sokbreker belakang
Memasang handle rem
20 mnt
20 mnt
5 mnt
5 mnt
20 mnt

30 mnt
645 mnt

225 mnt
20 mnt

45 mnt

50 mnt

30 mnt

25 mnt

20 mnt

10 mnt
25 mnt

30 mnt
10 mnt

10 mnt

500 mnt

300 mnt
25 mnt

30 mnt

25 mnt

15 mnt

40 mnt

20 mnt
10 mnt
15 mnt
10 mnt
20 mnt

30 mnt


no
Mulai hari/tgl
S.D.hari/tgl
Divisi/tempat
    kegiatan
  Jenis pekerjaan
Waktu
(jam)
Paraf
siswa
Instruktur DU/DI





























Arabian motor











Arabian Motor

Menambahkan minyak rem
Memasang plat no
Memasang master
Memasang seal boot
Memasang batok depan
Memasang lampu depan
Memasang seal kick starter
Memasang per standar samping
Memasang kabel kopling
Memasang kabel speedometer
Tune up ringan
jumlah
10 mnt

15 mnt
25 mnt
30 mnt
20 mnt
15 mnt

15 mnt

10 mnt

25 mnt

20 mnt

30 mnt
755 mnt






BAB III

PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA DI

A.                 TEORI

SISTEM REM

Sistem rem dalam suatu kendaraan sepeda motor termasuk sistem yang sangat penting karena berkaitan dengan faktor keselamatan berkendara. Sistem rem berfungsi untuk memperlambat dan atau menghentikan sepeda motor dengan cara mengubah tenaga kinetik/gerak dari kendaraan tersebut menjadi tenaga panas. Perubahan tenaga tersebut diperoleh dari gesekan antara komponen bergerak yang
dipasangkan pada roda sepeda motor dengan suatu bahan yang dirancang khusus tahan terhadap gesekan. Gesekan (friction) merupakan faktor utama dalam pengereman. Oleh karena itu komponen yang dibuat untuk sistem rem harus mempunyai sifat bahan yang tidak hanya menghasilkan jumlah gesekan yang besar, tetapi juga harus tahan terhadap gesekan dan tidak menghasilkan panas yang dapat menyebabkan bahan tersebut meleleh atau berubah bentuk. Bahan-bahan yang tahan terhadap gesekan tersebut biasanya merupakan gabungan dari beberapa bahan yang disatukan dengan melakukan perlakuan tertentu. Sejumlah bahan tersebut antara lain; tembaga, kuningan, timah, grafit, karbon, kevlar, resin/damar, fiber dan bahan-bahan aditif/tambahan lainnya. Terdapat dua tipe sistem rem yang digunakan pada sepeda motor, yaitu:
1.              Rem tromol (drum brake)
2.              rem cakram/piringan (discbrake).

1.    REM TROMOL (DRUMBRAKE)

Rem tromol merupakan sistem rem yang telah menjadi metode pengereman standar yang digunakan sepeda motor kapasitas kecil pada beberapa tahun belakangan ini. Alasannya adalah karena rem tromol sederhana dan murah. Konstruksi rem tromol umumnya terdiri dari komponen-komponen seperti: sepatu rem (brake shoe), tromol (drum), pegas pengembali (return springs), tuas penggerak (lever), dudukan rem tromol (backplate), dan cam/nok penggerak. Cara pengoperasian rem tromol pada umumnya secara mekanik yang terdiri dari; pedal rem (brake pedal) dan batang (rod) penggerak.  onstruksi dan cara kerja rem tromol seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Pada saat kabel atau batang penghubung (tidak ditarik), sepatu
rem dan tromol tidak saling kontak (gambar 8.2). Tromol rem berputar
bebas mengikuti putaran roda.Tetapi saat kabel rem atau batang
penghubung ditarik, lengan rem atau tuas rem memutar cam/nok pada
sepatu rem sehingga sepatu rem menjadi mengembang dan kanvas rem
(pirodo)nya bergesekan dengan tromol. Akibatnya putaran tromol dapat
ditahan atau dihentikan, dan ini juga berarti menahan atau menghentikan
putaran roda.
Gambar Rem tromol dan kelengkapannya Brake pedal (pedal rem), (2) perating rod (batang penghubung), (3) Brake lever (tuas rem), (4) Brake shoe (sepatu Rem), dan (5) Drum (tromol)

Rem tromol terbuat dari besi tuang dan digabung dengan hub saat rem digunakan sehingga panas gesekan akan timbul dan gaya gesek dari brake lining dikurangi. Drum brake mempunyai sepatu rem (dengan lining) yang berputar berlawanan dengan putaran drum (wheel hub) untuk mengerem roda dengan gesekan. Pada sistem ini terjadi gesekangesekan sepatu rem dengan tromol yang akan memberikan hasil energy panas sehingga bisa menghentikan putaran tromol tersebut. Rem jenis tromol disebut “internal expansion lining brake”. Permukaan luar dari hub tersedia dengan sirip-sirip pendingin yang terbuat dari aluminium–alloy (paduan aluminium) yang mempunyai daya penyalur panas yang sangat baik. Bagian dalam tromol akan tetap terjaga bebas dari air dan debu kerena tromol mempunyai alur untuk menahan air dan debu yang masuk dengan cara mengalirkannya lewat alur dan keluar dari lubang aliran. Berdasarkan cara pengoperasian sepatu rem, sistem rem tipe tromol pada sepeda motor diklasifikaskan menjadi dua, yaitu:
1. Tipe Single Leading Shoe
Rem tromol tipe single leading shoe merupakan rem paling sederhana yang hanya mempunyai sebuah cam/nok penggerak untuk menggerakkan dua buah sepatu rem. Pada ujung sepatu rem lainnya dipasang pivot pin (pasak) sebagai titik tumpuan sepatu rem.
2. Tipe Two Leading Shoe
Rem tromol tipe two leading shoe dapat menghasilkan gaya pengereman kira-kira satu setengah kali single leading shoe. Terutama digunakan sebagai rem depan, tetapi baru-baru ini digantikan oleh disk brake (rem cakram). Rem tipe ini mempunyai dua cam/nok dan ditempatkan di masing-masing ujung dari leading shoe dan trailing shoe. Cam tersebut bergerak secara bersamaan ketika rem digunakan melalui batang penghubung yang bisa distel. Setiap sepatu rem mempunyai titik  tumpuan tersendiri pivot) untuk menggerakkan cam.


TUNE UP

 

Tune Up adalah mengembalikan Kondisi sepeda motor sesuai dengan Spesifikasi pabrik ,untuk itu dibutuhkan buku manual dari sepeda motor tersebut

Persiapkan kunci ring pas 8mm,9mm,10mm,12mm,14mm,17mm,19mm pembuka tutup kelep obeng minus (-) obeng plus (+) kunci setelan kelep kunci palang set 12mm,13mm,14mm dan 17mm, tang dan kuas.
Tune-up meliputi:
·                     Karburator dan busi
·                     box filter udara
·                     kekencangan rantai
·                     lampu

Mula-mula kita bongkar karburatornya, lepas pilot jet, main jet dan jarum suplai bensin rendam dalam bensin lalu besihkan dengan kuas semua bagian-bagian atau lubang-lubang dari karburator, setelah bersih angkat dan semprot pakai kompresor. selang maupun filter bensin juga dibersihkan. Sesudah semua bersih kita pasang seperti semula. Bongkar bok filter udara,
cuci spon filter udara dengan bensin lalu peras sampai tidak ada bensin yang melekat atau semprot saja dengan kompresor. 
Untuk filter udara yang tidak pakai spon cukup disemprot saja jangan di cuci dengan bensin.
Setelah karburator dan filter udara beres, kita bongkar tutup kelep isap dan buangnya. Cari posisi TMA (titik mati atas) piston dengan melihat tanda huruf T pada magnet. Kerenggangan katup, untuk katup buang kerenggangannya 0,3mm buang 0,5mm untuk sepeda cowok buang dan isapnya 0,5mm pasang kembali tutup katupnya lalu kita cek kekencangan rantai, lumasi rantai secukupnya cek juga ban lampu. Untuk yang terakhir setting ulang karbunya, caranya nyalakan mesin usahakan stasioner putar searah jarum jam sekrup udara di karburator sampai mentok lalu putar kembali berlawanan dengan arah jarum jam hingga mesin berkitir tinggi, putaran mesin stasioner pada kisaran 500-1000rpm.

   BAB IV
   PENUTUP

A. Kesimpulan 


Pembelajaran di dunia kerja adalah suatu strategi yang memberi peluang peserta
mengalami proses belajar melalui bekerja langsung ( Learning by doing ) pada pekerjaan
sesungguhnya.
Dengan adanya PRAKERIN penulis dapat merasakan bagaimana pelaksanaan praktek
langsung di lingkungan dunia kerja yang langsung dibimbing langsung oleh pihak
industri/bengkel, dan bahkan kami dapat mengukur sejauhmana penguasaan ilmu praktek
pemesinan, ternyata belum apa-apanya dibanding dengan para karyawan dari bengkel
arabian motor. 
Akhirnya kami bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa kami telah 
menyelesaikan Praktek kerja Industri, yang dituangkan ke dalam Laporan ini.
DAFTAR PUSTAKA

·        beebasmerdeka.blogspot.com
·        Buku panduan jurnal kegiatan siswa praktik kerja tahun pelajaran 2011/2012

 itulah contoh laporan prakerin. dan Selanjutnya silahkan kembangkan sendiri sesuai dengan industri/bengkel/perusahaan, ini hanya contoh. .
note : jangan menumpuk-numpuk pekerjaan, karena kalau tidak dikerjakan nanti hanya menambah pikiran + pusing.

demikian, semoga artikel ini bermanfaat unut anda. salam Damai selalu..

4 komentar:

Dull_Company mengatakan...

1000 like thissssss :)

Dull_Company mengatakan...

daftar lampirannya mana??????? ko' ga ada???

Dull_Company mengatakan...

penutupe ko' githu....... lakoooo

Unknown mengatakan...

kata pembimbing saya ga di kasih lampiran juga ga papa. ya udah saya nurut aja.! &
penutup e durung dadi engko nyusul hehehe...!