Laporan ini
disetujui oleh :
Pembimbing
sekolah : M Idham
Tanggal
Diterima : 08 agustus 2011
Tanggal
Disetujui : 15 oktober 2011
Pembimbng,
M Idham
Mengetahui :
Kepala SMK AL-MUSYAWIRIN Weru
Kabupaten cirebon,
Drs.H.S. MADKOSIM,MBA
NIP. 19590721 198603 1 006
Laporan ini di
setujui oleh :
Instrutrur DU /
DI : Siti roehana
Tanggal
di terima : 08 agustus 2011
Tanggal di setujui : 15 oktober 2011
Instrutrur,
Siti roehana
Mengetahui :
.................................
..................................
..................................
A. IDENTITAS SISWA
1. Nama Siswa
: Jamaludin arief
2. Tempat/ Tanggal Lahir : cirebon, 03, january,
3. Jenis Kelamin : laki-laki
4. Golongan Darah : -
5. Nomor Induk Siswa : 0000001
6. Sekolah
: SMK AL-MUSYAWIRIN WERU
7. Alamat
: JL. PENGAYOMAN NO. 33 WERU
KABUPATEN CIREBON 45154
8. Nomor Telepon : (0231) 320819
9. Catatan Kesehatan : -
10. Nama Orang Tua/wali :
11. Alamat Orang Tua/Wali :
12. Nomer Telepon Orang Tua/
Wali : 083303303303
|
Cirebon, 08 agustus
2011
Siswa,
Jamaludin arief
B. IDENTITAS DUNIA USAHA /
INDUSTRI
1. Nama Dunia Usaha / Industri : Arabian Motor
2. Jenis Usaha : Bengkel
Motor
3. Alamat : JL. Raya Kelayan
no.06
4. No. Telepon / Telex : ( 0231 ) 9140530
5. Nama Pemimpin : Ibu. Siti Roehana
6. Nama Pembimbing DU/DI : Bpk. imam
7. Nama Pembingbing Sekolah : Bpk. M. Idham
8. Bagian / Divisi / Lokasi : -
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur
ke hadirat Allah S.W.T, atas rahmat dan karunia-Nya serta kemudahan yang di
berikan, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan Pratktik Kerja Industri (
PRAKERIN ) dengan baik. Dan laoran ini sebagai bukti untuk memenuhi bahwa
penulis telah melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
Penyusunan
laporan Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN ) ini adalah satu syarat untuk
mengikuti Ujian Akhir Sekolah ( UAS ) dan Ujian Akhir Nasional ( UAN ). Laporan ini adalah hasil pengalaman saya
perakerin selama kurang lebih tiga bulan di bengkel Arabian Motor, dan laporan ini berisi tentang kegiatan saya di
bengkel selama kurang lebih tiga bulan tersebut. Selain itu, laporan ini saya
buat untuk bisa mengetahui bapak / ibu
guru tentang apa saja yang saya lakukan di bengkel Arabian Motor selama
prakerin. Laporan ini disusun dengan format yang telah di berikan oleh bapak /
guru Dengan menggunakan bahasa indonesia.
ucapan terimakasih saya sampaikan kepada :
1.
ibu
siti roehana selaku pemimpin bengkel arabian motor yang telah memberikan tempat
dan waktu kepada saya untuk melakukan PRAKERIN.
2.
Bpk
imam selaku pembimbing DU/DI yang telah
memberikan bimbingan dan pelaksanaan tekhnis di lapangan selama saya prakerin
di bengkel arabian motor.
3.
M.
Idham selaku pembimbing sekolah yang
telah memberikan arahan dan masukan selama saya melakukan prakerin.
4.
dan
semua pihak yang tidak dapat saya sampaikan satu persatu.
Akhir dari
kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut
membantu dalam upaya penyelesaian laporan ini. Semoga laporan ini saya harap bisa diterima oleh bapak / ibu
guru yang bersangkutan. Dan mohon di maafkan / memaklumi bila ada kesalahan.
DAFTAR ISI
BAB l – PENDAHULUAN ..............................................................................
1.1
Pengertian
Praktik Kerja
.......................................................................
1.2
Tujuan
Praktik Kerja .............................................................................
1.3
Manfaat
Praktik Kerja
...........................................................................
BAB ll – URAIAN PRAKTIK KERJA
............................................................
2.1
Agenda
Harian .......................................................................................
2.2
Laporan
Berkala
....................................................................................
BAB lll – PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA
.............................................
3.1.
Teori
...........................................................................................
3.2.
Penjelasan
Pelaksanaan Praktik Kerja di ...............................................
BAB lV PENUTUP
...........................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
........................................................................................
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Pengertian praktik kerja
Praktik kerja industri adalah salah
satu bentuk elementasi secara sistematis dan singkron antara program pendidikan
di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang di peroleh melalui kegiatan
kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai itngkat keahlian tertentu.
Disamping dunia usaha, Praktek Kerja industri ( PRAKERIN )
Dapat memberikan keuntungan pada pelaksanaan itu sendiri yaitu sekolah, karena
keahlian yang tidak diajarkan di sekolahan bisa didapat didunia usaha, sehingga
dengan adanya Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN ) dapat meningkatkan mutu dan relevensi
Pendidikan Menengah atas yang dapat diarahkan untuk mengembangkan suatu system
yang mantap antara dunia pendidikan dan dunia usaha.
1.2
Tujuan Praktik Kerja
Tujuan diadakan pelaksanakan Praktek Kerja industri (
PRAKERIN ) antaralain :
ü
untuk memperkenalkan
siswa pada dunia usaha
ü
Menumbuhkan dan
meningkatkan sikap profosional yang di perlukan siswa untuk memasuki dunia
usaha.
ü
Meningkatkan daya
kreasi dan produktifitas terhadap siswa sebagai persiapan dalam menghadapi atau
memasuki dunia usaha yag sesungguhnya.
ü
Meluaskan wawasan dan
pandangan siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan pada tempat dimana siswa
melaksanakan Praktek Kerja industri ( PRAKERIN )
1.3
Manfaat Prakerin
Adapun manfaat dai praktek kerja ndustri ( PRAKERIN ),
Manfaatnya adalah sebagai berikut :
ü
dapat mengenali suatu pekerjaan
industri di lapangan sehingga setelah selesai dari sekolah menengah kejuruan (
SMK ) AL-MUSYAWIRIN dan terjun ke lapangan kerja industri dapat memandang suatu
pekerjaan yang tidak asing lagi baginya.
ü
Dapat menambah
keterampilan dan wawasan dalam dunia usaha yang professional dan handal.
ü
Untuk mengasah
keterampilan yang telah di berikan
disekolah dan juga sesuai visi dan misi sekolah menengah kejuruan ( SMK ).
JAM KERJA
H A R I
|
JAM MASUK
|
JAM ISTIRAHAT
|
JAM PULANG
|
|||
Shift 1
|
Shift 1
|
Shift 1
|
Shift 1
|
Shift 1
|
Shift 1
|
|
Minggu
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Senin
|
08 : 00
|
-
|
12 : 30
|
-
|
17 : 00
|
-
|
Selasa
|
08 : 00
|
-
|
12 : 30
|
-
|
17 : 00
|
-
|
Rabu
|
08 : 00
|
-
|
12 : 30
|
-
|
17 : 00
|
-
|
Kamis
|
08 : 00
|
-
|
12 : 30
|
-
|
17 : 00
|
-
|
Jum’at
|
08 : 00
|
-
|
11 : 00
|
-
|
17 : 00
|
-
|
Sabtu
|
08 : 00
|
-
|
12 : 30
|
-
|
17 : 00
|
-
|
BAB II
URAIAN PRAKTIK KERJA DI
ARABIAN MOTOR
isilah kolom di bawah ini berdasarkan kegiatan kamu yang di lakukan sehari-hari di lapangan prakerin
( bengkel ).
( bengkel ).
2.1
AGENDA HARIAN
NAMA SISWA
: Jamaludin Arief
N I S
: 000000000001
KOMPETENSI KEAHLIAN : Teknik
Sepeda Motor
TEMPAT PRAKTIK KERJA : Arabian
Motor
NO
|
Hari dan tanggal
|
Uraian singkat mengenai
pengalaman atau pekerjaan yang
dilakukan
|
pembimbing
|
||
Nama
|
parraf
|
||||
01.
02.
03.
04.
05.
06.
07.
08.
09.
|
Senin, 08, 08, 2011
Selasa, 09,08, 2011
Rabu, 10,08, 2011
Kamis, 11, 08, 2011
Jum’at, 12, 08, 2011
Sabtu, 13, 08, 2011
Senin, 15, 08, 2011
Selasa, 16, 08, 2011
Rabu, 17, 08, 2011
|
perkenalan
ganti olie 2
Ganti olie mesin 3
Ganti oli gardan
Memasang kabel kopling
Membantu mengambilkan
kunci-kunci.
Membongkar roda belakang
Memasang handle rem cakram
Memasang hendrik
Memasang seal step belakang
Ganti olie 2
Mengencangkan rantai
Memasang kampas rem depan
Ganti olie
Menyetrum baterai (accu)
Memasang baterai (accu)
Memasang seal kick starter
Ganti olie 4
Memasang bohlam depan
Membersihkan karburator
Ganti olie 6
Melepas & memasang
sayap
Melepas karburator
Ganti olie, 4
memasang bering roda depan
membersihkan filter
L I B U R, memperingati hari
kemerdekaan RI
|
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
|
||
NO
|
Hari dan tanggal
|
Uraian singkat mengenai
pengalaman atau pekerjaan yang
dilakukan
|
pembimbing
|
||
Nama
|
parraf
|
||||
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.
|
Kamis, 18, 08 2011
Jum’at, 19, 08, 2011
Sabtu, 20, 08, 2011
Senin, 22, 08, 2011
Selasa, 23, 08, 2011
Rabu, 24, 08, 2011
Kamis, 25, 08, 2011
Jum’at, 26, 08, 2011
Sabtu, 27, 08, 2011
Senin, 29, 08, 2011
Selasa, 30, 08, 2011
Rabu, 31, 08, 2011
Kamis, 01, 09, 2011
Jum’at, 02, 09, 2011
Sabtu, 03, 09, 2011
|
Ganti olie 2
membersihkan karburator
Memasang kampas rem
belakang
Ganti olie 2
Memasang gear & rantai
Membersihkan filter
(saringan -udara)
Ganti olie 3
Memasang & melepas roda
belakang
memasang spion
Membersihkan karburator
Ganti olie 5
Mengencangkan rantai
Membersihkan filter
(saringan udara)
Membersihkan karburator
Mengganti kampas rem cakram
depan
Memasang kabel speedometer
Memasang kampas rem
belakang
Memasang gear & rantai.
Ganti olie 6
Ganti olie 3
Memasang dan melepas roda
belakang
Mengencangkan rantai
Membersihkan karburator
Ganti olie 4
Memasang lampu depan
Memasang kampas rem tromol
depan
I Z I N
I Z I N
L I B U R
L I B U R
L I B U R.
L I B U R
L I B U R
L I B U R
|
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
|
||
NO
|
Hari dan tanggal
|
Uraian singkat mengenai
pengalaman atau pekerjaan yang
dilakukan
|
pembimbing
|
|
Nama
|
parraf
|
|||
25.
26.
27.
28.
29.
30.
31.
32.
33.
34
|
Senin, 05, 09, 2011
Selasa, 06, 09, 2011
Kamis, 08, 09, 2011
Senin, 12, 09, 2011
Selasa, 13, 09, 2011
Kamis, 15, 09, 2011
|
T I D A K B E R A N G K A T.
Ganti oli 2
Tune up ringan
Memasang accu
Memasang gear & rantai
Ganti oli 5
Memasang kampas rem depan
Service lampu
Memasang kiprok
Ganti olie 2
Membersihkan karburator
Memasang baterai / accu
Memasang gear & rantai
Ganti olie 3
Memasang kampas rem depan
Mengganti lampu depan
Memasang kiprok
Ganti olie 7
Memasang kabel kopling
Membersihkan karburator
& filter
Membuka kepala silinder
& blok mesin.
Ganti olie 7
Memeriksa busi, Memasang
fuse
Mengencangkan stang
Memasang ban luar roda
belakang
Ganti oli 4
Memasang rem cakram depan
Memasang spion
Memasang sokbreker belakang
Ganti oli 3
Membersihkan karburator
Memasang spion
Memasang master
Melepas knalpot
Membuka blok tansmisi
Ganti oli 5
Membersihkankarburator
Membersihkan filter (
saringan udara )
Memasang ban dalam roda
belakang
Memasang PER rem
|
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
|
|
NO
|
Hari dan tanggal
|
Uraian singkat mengenai
pengalaman atau pekerjaan yang
dilakukan
|
pembimbing
|
|
Nama
|
parraf
|
|||
35.
36.
37.
38.
39.
40.
41.
|
Jum’at, 16, 09, 2011
Rabu, 21, 09, 2011
Kamis, 22, 09, 2011
Jum’at, 23, 09, 2011
|
Ganti olie
Memasang kabel speedometer
Menambahkan air aki
Memasang kampas rem
belakang
Memasang bering roda depan
Ganti olie 3
Membersihkan karburator
Memasang kampas rem
belakang
Memasang bohlam depan
Memasang saklar klakson
Memasang plat no.
Memeriksa aki ( baterai )
Ganti olie 4
Melepas dan memasang sayap
Memasang seal boat
Membersihkan karburator
Memasang mika lampu besar
& mika lampu sein.
Memasang ban luar roda
depan
Memasang hendrik
Ganti olie 2
Memasang batok depan &
belakang
Memasang kampas rem
belakang
Memasang karet step depan
& belakang
Ganti olie 5
Memasang kampas rem
belakang
Memasang swit
Memasang ban luar &
dalam roda belakang.
Memasang kabel cuk.
Ganti olie 2
Membersihkan karburator
Membersihkan filter
Mengencangkan rantai
Memeriksa rem & busi
Memasang kampas rem depan
Memasang paking spul &
blok kopling
Memasang kom stang
Melepas kepala silinder
Ganti olie 2
Memasang busi
Memasang kepala silinder
Memasang hendrik
Memasang sokbreker belakang
|
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
|
|
NO
|
Hari dan tanggal
|
Uraian singkat mengenai
pengalaman atau pekerjaan yang
dilakukan
|
pembimbing
|
|
Nama
|
parraf
|
|||
42.
43.
44.
45.
46.
47.
48.
49.
50.
|
Sabtu, 24, 09, 2011
Senin, 26, 09, 2011
Selasa, 27, 09, 2011
Kamis, 29, 09, 2011
Jum’at, 30, 09, 2011
Sabtu, 01, 10, 2011
Senin, 03, 10, 2011
Selasa,
04, 10, 2011
|
Memasang kampas rem cakram depan
Memasang standar tengah
Ganti olie 2
Memasang ban dalam roda depan
Memasang master & Memompa ban
Memasang kabel kopling
Membersihkan karburator
Ganti olie 5
Tune up ringan
Memasang karet garpu belakang
Memasang karet stang
Memasang kabel kopling
T I D A K B E R A N G K A T
Ganti olie 3
Memasang pear standar samping
Memasang saklar sein
Memasang spakbor depan
Memasang seal sokbeker depan
Memasang paking knalpot
Ganti olie 3
Memasag kabel speedometer
Membersihkan karburator
Mengencangkan rantai
Membersihkan filter
Memasang seal sokbreker depan
Ganti olie 2
Membersihkan karburator
Mengencangkan rantai
Membersihkan filter
Menyetel rem
Memeriksa baterai
Memasang baterai
Ganti olie 6
Memasang bering roda depan
Memasang stang
Memasang sokbreker belakang
S A K I T
Ganti oli 5
Memasang paking knalpot
Memasang kampas rem depan
Memasang ban dalam roda
belakang
|
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
|
|
NO
|
Hari dan tanggal
|
Uraian singkat mengenai
pengalaman atau pekerjaan yang
dilakukan
|
pembimbing
|
|
Nama
|
parraf
|
|||
51.
52
53.
54.
55.
56.
57.
58.
59.
|
Rabu, 05, 10, 2011
Kamis, 06, 10, 2011
Jum’at, 07, 2011
Sabtu, 08, 10, 2011
Senin, 10, 10, 2011
Selasa, 11, 10, 2011
Rabu, 12, 10,2011
Kamis, 13, 11, 2011
Jum’at, 14, 11, 2011
|
Ganti olie 4
Memasang kampas rem depan
Memasang ban luar dan dalam
roda belakang
Memasang motor starter
Ganti oli 4
Membersihkan karburator,
Membersihkan filter
Memasang kampas rem depan
Memasang gear & rantai
Ganti oli 2
Tune up ringan
Memasang karet step depan
Memasang mika lampu
belakang
S A K I T
S A K I T
Ganti oli 5
Memasang ban dalam roda
depan
Memasang ban luar roda
belakang
Memasang pelor magnet
Memasang kampas rem
belakang
Ganti oli 2
Membersihkan karburator
Membersihkan filter
Mengencangkan rantai
Memasang hendrik
Memeriksa baterai
Ganti oli 3
Memasang sokbreker belakang
Memasang handle rem
Menambahkan minyak rem
Memasang plat no
Membersihkan karburator
& filter
Ganti oli 2
Memasang master
Memasang seal boot
Memasang batok depan
Memasang lampu depan
Ganti oli 8
Memasang seal kick starter
Memasang per standar samping
Memasang kabel kopling
Memasang handle rem
Memasang kabel speedometer
Tune up ringan
|
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
Imam
|
laporan berkala adalah kegiatan setiap 1 minggu/minggu....!2.2. Laporan berkala
no
|
Mulai hari/tgl
S.D.hari/tgl
|
Divisi/tempat
kegiatan
|
Jenis pekerjaan
|
Waktu
(jam)
|
Paraf
siswa
|
Instruktur
DU/DI
|
1.
2.
3.
|
Senin, 08/08/2011 S.d sabtu
13/08/2011.
Senin, 15/08/2011 S.D sabtu, 20/08/2011
Senin, 22/08/2011 s.d
sabtu, 27/08/2011
|
Arabian motor
Arabian Motor
Arabian Motor
|
perkenalan
ganti olie
ganti oli gardan
memasang kabel kopling
memasang roda belakang
memasang handle rem cakram
memasang hendrik
memasang seal step belakang
mengencangkan rantai
memasang kampas rem depan
menyetrum baterai
memasang baterai
memasang seal kick starter
memasang lampu depan
membersihkan karburator
jumlah
ganti oli
memasang & melepas sayap.
melepas karburator
memasang bearing roda depan
memasang hendrik
membersihkan karburator
memasang kampas rem belakang
memasang gear & rantai
membersihkan filter
memasang & melepas roda belakang,
jumlah
Ganti oli
Mengencangkan rantai
Membersihkan filter
Membersihkan karburator
Mengganti kampas rem cakram depan
Memasang kabel speedometer
|
10 mnt
210 mnt
15 mnt
25 mnt
20 mnt
15 mnt
15 mnt
10 mnt
15 mnt
30 mnt
1 jam
10 mnt
15 mnt
20 mnt
20 mnt
490 mnt
255 mnt
15 mnt
15 mnt
30 mnt
15 mnt
40 mnt
25 mnt
25 mnt
10 mnt
20 mnt
450 mnt
270 mnt
20 mnt
10 mnt
40 mnt
25 mnt
20 mnt
|
no
|
Mulai hari/tgl
S.D.hari/tgl
|
Divisi/tempat
kegiatan
|
Jenis pekerjaan
|
Waktu
(jam)
|
Paraf
siswa
|
Instruktur
DU/DI
|
4.
5.
6.
|
Senin, 29/08/2011 S.D
sabtu, 03/09/2011
Selasa, 06/09/2011 s.d sabtu, 10/09/2011
Senin, 12/09/2011 S.D Sabtu,
17/09/2011
|
Arabian motor
Arabian Motor
Arabian Motor
Arabian motor
|
Memasang kampas rem belakang
Memasang gear & rantai
Memasang & melepas roda belakang
Memasang lampu besar
Memasang kampas rem tromol depan
jumlah
L I B U R
L I B U R
L I B U R
L I B U R
Ganti oli
Membersihkan
karburaor
Memasang
baterai
Memasang gear
& rantai
Memasang kampas
rem depan
Mengganti lampu
besar
Memasang kiprok
Memasang kabel
kopling
Membersihkan
filter
Membuka kepala
silinder&blok mesin
Memasang bering
roda belakang
Memasang kampas
rem belakang
Memasang masteR
Jumlah
Ganti oli
Memeriksa busi
Memasang sikring (fuse) baterai
Mengencangkan kom stang
Memasang spion
|
20 mnt
25 mnt
15 mnt
15 mnt
15 mnt
475 mnt
285 mnt
20 mnt
20 mnt
50 mnt
40 mnt
15 mnt
20 mnt
25 mnt
10 mnt
30 mnt
25 mnt
20 mnt
25 mnt
585 mnt
345 mnt
10 mnt
2 mnt
15 mnt
20 mnt
|
no
|
Mulai hari/tgl
S.D.hari/tgl
|
Divisi/tempat
kegiatan
|
Jenis pekerjaan
|
Waktu
(jam)
|
Paraf
siswa
|
Instruktur
DU/DI
|
|
7.
|
Senin, 19/09/2011 S.D Sabtu,
24/09/2011
|
Arabian motor
Arabian motor
|
Memasang ban luar roda belakang
Memasang rem cakram depan
Memasang sokbreker belakang
Membersihkan karburator
Memasang master
Mengganti knalpot
Membersihkan filter
Memasang ban dalam roda belakang
Memasang PER rem
Memasang kabel speedometer
Menambahkan air suling pada baterai
Memasang kampas rem belakang
Memasang bering roda depan
Memasang lampu besar
Memasang saklar klakson
Memasang palt no
Memeriksa aki
jumlah
Ganti oli
Melepas & memasang sayap
Memasang seal boat
Membersihkan karburator
Memasang mika lampu besar & lampu sein
Memasang ban luar roda depan
Memasang hendrik
Memasang batok depan & belakang
Memasang kampas rem belakang
Memasang swit
Memasang karet step depan & belakang
|
30 mnt
30 mnt
20 mnt
40 mnt
25 mnt
30 mnt
10 mnt
25 mnt
15 mnt
20 mnt
10 mnt
50 mnt
20 mnt
15 mnt
10 mnt
10 mnt
10 mnt
762 mnt
225 mnt
15 mnt
30 mnt
1 jam
15 mnt
40 mnt
10 mnt
25 mnt
50 mnt
20 mnt
15 mnt
|
|||
no
|
Mulai hari/tgl
S.D.hari/tgl
|
Divisi/tempat
kegiatan
|
Jenis pekerjaan
|
Waktu
(jam)
|
Paraf
siswa
|
Instruktur
DU/DI
|
8.
|
Senin, 26/09/2011 S.D Sabtu,
01/10/2011
|
Arabian motor
Arabian Motor
|
Memasang ban luar & dalam roda belakang
Memasang kabel cuk
Membersihkan filter
Mengencangkan rantai
Memeriksa rem & busi
Memasang kampas rem depan
Memasang kom stang
Melepas kepala silinder
Memasang busi
Memasang kepala silinder
Memasang sokbreker belakang
Memasang standar tengah
Memasang kanvas rem cakram depan
Memasang ban dalam roda depan
Memompa ban
Memasang master
Memasang kabel kopling
Memasang fuse
Jumlah
Ganti oli
Membersihkan
karburator
Memasang karet
garpu belakang
Memasang karet
stang
Memasang kabel
kopling
Memasang
sokbreker belakang
Menambahkan
minyak rem
Memasang
baterai memasang kabel speedometer
Memasang PER
standar samping
Memasang saklar
sein
Memasang
spakbord depan
Memasang seal
sokbreker depan
Memasang paking
knalpot
|
40 mnt
20 mnt
10 mnt
10 mnt
15 mnt
20 mnt
30 mnt
20 mnt
10 mnt
25 mnt
20 mnt
20 mnt
25 mnt
25 mnt
1 mnt
25 mnt
20 mnt
2 mnt
798 mnt
285 mt
40 mnt
20 mnt
25 mnt
20 mnt
20 mnt
10 mnt
5 mnt
20 mnt
10 mnt
10 mnt
25 mnt
40 mnt
15 mnt
|
no
|
Mulai hari/tgl
S.D.hari/tgl
|
Divisi/tempat
kegiatan
|
Jenis pekerjaan
|
Waktu
(jam)
|
Paraf
siswa
|
Instruktur
DU/DI
|
|
9.
10.
|
Senin, 03/10/2011 S.D sabtu
08/10/2011
Selasa, 11/10/2011 S.D Sabtu,
15/10/2011
|
Arabian Motor
Arabian Motor
Arabian motor
|
Mengencangkan
rantai
Membersihkan
filter
Menyetel rem
Memeriksa
baterai
Memasang bering
roda depan
Memasang stang
jumlah
Ganti oli
Memasang paking
knalpot
Memasang kampas
rem depan
Memasang ban
dalam roda belakang
Memasang ban
luar belakang
Memasang Motor
starter
Membersihkan
karburator
Membersihkan
filter
Memasang gear
& rantai
Tune up ringan
Memasang karet
step depan
Memasang mika
lampu belakang.
Jumlah
Ganti oli
Memasang ban dalam roda depan
Memasang ban luar roda belakang
Memasang pelor magnet
Memasang kampas rem belakang
Membersihkan karburator
Membersihkan filter
Mengencangkan rantai
Memasang hendrik
Memeriksa baterai
Memasang sokbreker belakang
Memasang handle rem
|
20 mnt
20 mnt
5 mnt
5 mnt
20 mnt
30 mnt
645 mnt
225 mnt
20 mnt
45 mnt
50 mnt
30 mnt
25 mnt
20 mnt
10 mnt
25 mnt
30 mnt
10 mnt
10 mnt
500 mnt
300 mnt
25 mnt
30 mnt
25 mnt
15 mnt
40 mnt
20 mnt
10 mnt
15 mnt
10 mnt
20 mnt
30 mnt
|
|||
no
|
Mulai hari/tgl
S.D.hari/tgl
|
Divisi/tempat
kegiatan
|
Jenis pekerjaan
|
Waktu
(jam)
|
Paraf
siswa
|
Instruktur
DU/DI
|
|
Arabian motor
Arabian Motor
|
Menambahkan minyak rem
Memasang plat no
Memasang master
Memasang seal boot
Memasang batok depan
Memasang lampu depan
Memasang seal kick starter
Memasang per standar samping
Memasang kabel kopling
Memasang kabel speedometer
Tune up ringan
jumlah
|
10 mnt
15 mnt
25 mnt
30 mnt
20 mnt
15 mnt
15 mnt 10 mnt
25 mnt
20 mnt
30 mnt
755 mnt
|
BAB III
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA DI
A.
TEORI
SISTEM REM
Sistem rem dalam suatu kendaraan sepeda motor termasuk sistem
yang sangat penting karena berkaitan dengan faktor keselamatan berkendara.
Sistem rem berfungsi untuk memperlambat dan atau menghentikan sepeda motor
dengan cara mengubah tenaga kinetik/gerak dari kendaraan tersebut menjadi
tenaga panas. Perubahan tenaga tersebut diperoleh dari gesekan antara komponen
bergerak yang
dipasangkan pada roda sepeda motor dengan suatu bahan yang
dirancang khusus tahan terhadap gesekan. Gesekan (friction) merupakan
faktor utama dalam pengereman. Oleh karena itu komponen yang dibuat untuk
sistem rem harus mempunyai sifat bahan yang tidak hanya menghasilkan jumlah
gesekan yang besar, tetapi juga harus tahan terhadap gesekan dan tidak
menghasilkan panas yang dapat menyebabkan bahan tersebut meleleh atau berubah
bentuk. Bahan-bahan yang tahan terhadap gesekan tersebut biasanya merupakan gabungan
dari beberapa bahan yang disatukan dengan melakukan perlakuan tertentu.
Sejumlah bahan tersebut antara lain; tembaga, kuningan, timah, grafit, karbon, kevlar,
resin/damar, fiber dan bahan-bahan aditif/tambahan lainnya. Terdapat dua
tipe sistem rem yang digunakan pada sepeda motor, yaitu:
1.
Rem tromol (drum brake)
2.
rem cakram/piringan (discbrake).
1.
REM TROMOL (DRUMBRAKE)
Rem tromol merupakan sistem rem yang telah menjadi metode
pengereman standar yang digunakan sepeda motor kapasitas kecil pada beberapa
tahun belakangan ini. Alasannya adalah karena rem tromol sederhana dan murah.
Konstruksi rem tromol umumnya terdiri dari komponen-komponen seperti: sepatu
rem (brake shoe), tromol (drum), pegas pengembali (return
springs), tuas penggerak (lever), dudukan rem tromol (backplate),
dan cam/nok penggerak. Cara pengoperasian rem tromol pada umumnya secara
mekanik yang terdiri dari; pedal rem (brake pedal) dan batang (rod)
penggerak. onstruksi dan cara kerja rem
tromol seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Pada
saat kabel atau batang penghubung (tidak ditarik), sepatu
rem dan
tromol tidak saling kontak (gambar 8.2). Tromol rem berputar
bebas
mengikuti putaran roda.Tetapi saat kabel rem atau batang
penghubung
ditarik, lengan rem atau tuas rem memutar cam/nok pada
sepatu
rem sehingga sepatu rem menjadi mengembang dan kanvas rem
(pirodo)nya
bergesekan dengan tromol. Akibatnya putaran tromol dapat
ditahan
atau dihentikan, dan ini juga berarti menahan atau menghentikan
putaran roda.
Gambar Rem tromol dan kelengkapannya
Brake pedal (pedal rem), (2) perating rod (batang penghubung), (3) Brake lever
(tuas rem), (4) Brake shoe (sepatu Rem), dan (5) Drum (tromol)
Rem tromol terbuat dari besi tuang dan digabung dengan hub saat
rem digunakan sehingga panas gesekan akan timbul dan gaya gesek dari brake
lining dikurangi. Drum brake mempunyai sepatu rem (dengan lining) yang berputar
berlawanan dengan putaran drum (wheel hub) untuk mengerem roda dengan gesekan.
Pada sistem ini terjadi gesekangesekan sepatu rem dengan tromol yang akan
memberikan hasil energy panas sehingga bisa menghentikan putaran tromol
tersebut. Rem jenis tromol disebut “internal expansion lining brake”.
Permukaan luar dari hub tersedia dengan sirip-sirip pendingin yang terbuat dari
aluminium–alloy (paduan aluminium) yang mempunyai daya penyalur panas yang
sangat baik. Bagian dalam tromol akan tetap terjaga bebas dari air dan debu
kerena tromol mempunyai alur untuk menahan air dan debu yang masuk dengan cara
mengalirkannya lewat alur dan keluar dari lubang aliran. Berdasarkan cara
pengoperasian sepatu rem, sistem rem tipe tromol pada sepeda motor
diklasifikaskan menjadi dua, yaitu:
1. Tipe Single Leading Shoe
Rem tromol tipe single leading shoe merupakan rem paling
sederhana yang hanya mempunyai sebuah cam/nok penggerak untuk menggerakkan dua
buah sepatu rem. Pada ujung sepatu rem lainnya dipasang pivot pin (pasak)
sebagai titik tumpuan sepatu rem.
2. Tipe Two Leading Shoe
Rem tromol tipe two leading shoe dapat menghasilkan gaya
pengereman kira-kira satu setengah kali single leading shoe. Terutama
digunakan sebagai rem depan, tetapi baru-baru ini digantikan oleh disk brake
(rem cakram). Rem tipe ini mempunyai dua cam/nok dan ditempatkan di
masing-masing ujung dari leading shoe dan trailing shoe. Cam
tersebut bergerak secara bersamaan ketika rem digunakan melalui batang
penghubung yang bisa distel. Setiap sepatu rem mempunyai titik tumpuan tersendiri pivot) untuk menggerakkan
cam.
TUNE UP
Tune Up
adalah mengembalikan Kondisi sepeda motor sesuai dengan Spesifikasi pabrik
,untuk itu dibutuhkan buku manual dari sepeda motor tersebut
Persiapkan kunci ring pas 8mm,9mm,10mm,12mm,14mm,17mm,19mm
pembuka tutup kelep obeng minus (-) obeng plus (+) kunci setelan kelep kunci
palang set 12mm,13mm,14mm dan 17mm, tang dan kuas.
Tune-up
meliputi:
·
Karburator dan busi
·
box filter udara
·
kekencangan rantai
·
lampu
Mula-mula kita bongkar karburatornya, lepas pilot jet, main jet dan jarum suplai bensin rendam dalam bensin lalu besihkan dengan kuas semua bagian-bagian atau lubang-lubang dari karburator, setelah bersih angkat dan semprot pakai kompresor. selang maupun filter bensin juga dibersihkan. Sesudah semua bersih kita pasang seperti semula. Bongkar bok filter udara,
cuci spon filter udara dengan bensin lalu peras sampai tidak ada bensin yang melekat atau semprot saja dengan kompresor.
Untuk filter udara yang tidak pakai spon cukup disemprot saja jangan di cuci dengan bensin.
Setelah karburator dan filter udara beres, kita bongkar tutup kelep isap dan buangnya. Cari posisi TMA (titik mati atas) piston dengan melihat tanda huruf T pada magnet. Kerenggangan katup, untuk katup buang kerenggangannya 0,3mm buang 0,5mm untuk sepeda cowok buang dan isapnya 0,5mm pasang kembali tutup katupnya lalu kita cek kekencangan rantai, lumasi rantai secukupnya cek juga ban lampu. Untuk yang terakhir setting ulang karbunya, caranya nyalakan mesin usahakan stasioner putar searah jarum jam sekrup udara di karburator sampai mentok lalu putar kembali berlawanan dengan arah jarum jam hingga mesin berkitir tinggi, putaran mesin stasioner pada kisaran 500-1000rpm.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pembelajaran di dunia kerja adalah suatu strategi yang memberi peluang peserta
mengalami proses belajar melalui bekerja langsung ( Learning by doing ) pada pekerjaan
sesungguhnya.
Dengan adanya PRAKERIN penulis dapat merasakan bagaimana pelaksanaan praktek
langsung di lingkungan dunia kerja yang langsung dibimbing langsung oleh pihak
industri/bengkel, dan bahkan kami dapat mengukur sejauhmana penguasaan ilmu praktek
pemesinan, ternyata belum apa-apanya dibanding dengan para karyawan dari bengkel
arabian motor.
Akhirnya kami bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa kami telah menyelesaikan Praktek kerja Industri, yang dituangkan ke dalam Laporan ini.
mengalami proses belajar melalui bekerja langsung ( Learning by doing ) pada pekerjaan
sesungguhnya.
Dengan adanya PRAKERIN penulis dapat merasakan bagaimana pelaksanaan praktek
langsung di lingkungan dunia kerja yang langsung dibimbing langsung oleh pihak
industri/bengkel, dan bahkan kami dapat mengukur sejauhmana penguasaan ilmu praktek
pemesinan, ternyata belum apa-apanya dibanding dengan para karyawan dari bengkel
arabian motor.
Akhirnya kami bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa kami telah menyelesaikan Praktek kerja Industri, yang dituangkan ke dalam Laporan ini.
DAFTAR PUSTAKA
·
beebasmerdeka.blogspot.com
·
Buku
panduan jurnal kegiatan siswa praktik kerja tahun pelajaran 2011/2012
4 komentar:
1000 like thissssss :)
daftar lampirannya mana??????? ko' ga ada???
penutupe ko' githu....... lakoooo
kata pembimbing saya ga di kasih lampiran juga ga papa. ya udah saya nurut aja.! &
penutup e durung dadi engko nyusul hehehe...!
Posting Komentar