Selasa, 03 Januari 2012

pengertian, tujuan dan manfaat prakerin smk



pengertian, tujuan dan manfaat prakerin smk sebagai berikut :


1.1              Pengertian praktik kerja

Praktik kerja industri adalah salah satu bentuk elementasi secara sistematis dan singkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang di peroleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai itngkat keahlian tertentu.



Disamping dunia usaha, Praktek Kerja industri ( PRAKERIN ) Dapat memberikan keuntungan pada pelaksanaan itu sendiri yaitu sekolah, karena keahlian yang tidak diajarkan di sekolahan bisa didapat didunia usaha, sehingga dengan adanya Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN )  dapat meningkatkan mutu dan relevensi Pendidikan Menengah atas yang dapat diarahkan untuk mengembangkan suatu system yang mantap antara dunia pendidikan dan dunia usaha.


1.2              Tujuan Praktik Kerja

Tujuan diadakan pelaksanakan Praktek Kerja industri ( PRAKERIN ) antaralain :

-      untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha
-      Menumbuhkan dan meningkatkan sikap profosional yang di perlukan siswa untuk memasuki dunia usaha.
-      Meningkatkan daya kreasi dan produktifitas terhadap siswa sebagai persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia usaha yag sesungguhnya.
-      Meluaskan wawasan dan pandangan siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan pada tempat dimana siswa melaksanakan Praktek Kerja industri ( PRAKERIN )

1.3              Manfaat Prakerin

Adapun manfaat dai praktek kerja ndustri ( PRAKERIN ), Manfaatnya adalah sebagai berikut :

-      dapat mengenali suatu pekerjaan industri di lapangan sehingga setelah selesai dari sekolah menengah kejuruan ( SMK ) AL-MUSYAWIRIN dan terjun ke lapangan kerja industri dapat memandang suatu pekerjaan yang tidak asing lagi baginya.
-      Dapat menambah keterampilan dan wawasan dalam dunia usaha yang professional dan handal.
-      Untuk mengasah keterampilan yang telah di berikan  disekolah dan juga sesuai visi dan misi sekolah menengah kejuruan ( SMK ).


semoga artikel ini bisa membantu & bermanfaat untuk anda...

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Gan, izin sedot!